Soal Rencana Pembangunan Bandara Payakumbuh. Walikota Riza, Janganlah Apriori Dulu | Payakumbuh Kota

Soal Rencana Pembangunan Bandara Payakumbuh. Walikota Riza, Janganlah Apriori Dulu

Berita Terkait:

Fraksi Partai Golkar dalam pandangan umumnya pada Rapat Paripurna DPRD Payakumbuh, di gedung dewan setempat, Kamis (14/2), jelas-jelas menolak rencana pembangunan Bandara Payakumbuh yang diprogramkan pasangan Walikota H. Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar. Alasan fraksi Partai Golkar yang disampaikan juru bicaranya YB. Dt. Parmato Alam, akan memberatkan APBD Payakumbuh. “Kami Fraksi Partai Golkar menolak rencana pembangunan Bandara ini,” sebut Dt. Parmato Alam dari atas mimbar.

Rapat paripurna dewan dipimpin Wakil Ketua DPRD H. Sudirman didampingi Wakil Ketua H. Suhaimi Birran, mendengar pandangan umum fraksi terhadap 11 Ranperda yang diajukan pemko dalam sidang paripurna sebelumnya. Rapat paripurna ini, juga dihadiri sejumlah anggota Muspida, Sekdako H. Irwandi, Asisten Setdako, staf ahli walikota, pimpinan SKPD serta dari unsur tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya.

Kesebelas Ranperda itu, adalah Ranperda tentang Izin pemakaian petak Toko, Kios, Los dan palung kaki lima Pasar Payakumbuh, Ranperda tentang Irigasi, Ranperda tentang Sungai, Ranperda tentang pengelolaan Barang Milik Daerah, Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Payakumbuh Tahun 2012-2017, Ranperda tentang Perubahan ketiga atas Perda Nomor 3 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas dilingkungan Pemeritah Kota Payakumbuh.

Berikutnya, Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda Nomor 4 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat dan Tata Teknis dilingkungan Pemko Payakumbuh, Ranperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ranperda tentang Unit Layanan Pengadaan (ULP), Ranperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kota Payakumbuh kedalam Modal Saham PT.Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat dan Ranperda tentang Pembentukan, penggabungan Kelurahan dalam Kota Payakumbuh.

Terhadap ke-11 Ranperda itu, semua fraksi setuju mempercepat pembahasannya, karena cukup membantu dalam upaya pemko meningkatkan PAD serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Menyangkut dengan rencana pembangunan Bandara yang ditolak Fraksi Golkar, Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang dimintai konfirmasinya, menilai, pandangan umum fraksi Partai Golkar tidak berdasarkan pemikiran dan pengkajian yang komprehensif. Alasan memberatkan APBD Payakumbuh, sesuatu yang terlalu berlebihan, sebut walikota.

Menurut Walikota Riza Falepi, tamatan ITB ini, membangun Bandara tidak harus membebankan APBD. Masih banyak ragam cara yang bisa dilakukan dalam mendapatkan sumber dana alternative. Bisa saja dari APBD Provinsi dan APBN atau sumber dana bantuan lainnya.
Tapi, jika dari awal Fraksi Partai Golkar sudah apriori dengan rencana pembangunan Bandara, sudah barang tentu rencana ini akan selalu dinilai miring oleh teman-teman dari Fraksi Partai Golkar,” sebutnya.

Pembangunan Bandara Payakumbuh, selain berdampak secara ekonomi, banyak keuntungan yang akan diperoleh dalam memajukan kota dan meningkatkan kesejahteraan warga kota Payakumbuh. Kota yang telah punya Bandara akan cepat dilirik para pemilik modal atau inverstor.

Sementara itu, pembangunan Bandara juga harus dipandang dari segi kemanusiaan. Pasalnya, kota/kabupaten yang berada di pantai barat Sumatera, merupakan daerah rawan gempa dan tsunami. Jika daerah di pantai barat itu ditimpa musibah bencana tsunami, Bandara Internasional Minangkabau dan Bandara Pasaman tentu tak bisa dipakai. Alternatif untuk mengrim bantuan, tentu Bandara Payakumbuh, ungkap walikota.

Menjawab pertanyaan wartawan, jika DPRD yang menolak pembangunan Bandara, walikota mengatakan, akan membawa rencana ini dengan kota dan kabupaten tetangga. “Kita akan dorong daerah tetangga dan membantu daerah bersangkutan dalam pengurusannya, jika memang, DPRD Payakumbuh yang menolak rencana ini,” tegas Riza.

KOMENTAR ANDA

Silahkan tuliskan komentar Anda pada form dibawah.

  1. mukhris tarok berkomentar:

    saya sangat setuju pembangunan bandara payakumbuh dan saya sangat mendukung ide bpk wali yg juga teman sy waktu sd dulu dengan adanya fasilitas ini akan mempercepat kemajuan kampung kita siapa lg yg akan memajukan kampung kita kalan bukan kita sendiri dari pak mukhris jakarta semoga bpk walikota dapat mengangkat taraf kehiduan masyarakat kita khususnya payakumbuh salamaik batugas kapado kawan lamo semoga sukses selalu dari mukhris 081310620409

    • toko alquran online berkomentar:

      Aslmwrwb …

      Saya senang membaca artikel di atas :)

    • betul apa kata mukhris tarok, yuk kita dukung pembangunan di payakumbuh untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dalam segal bidang

    • Ir. Hasanuddin berkomentar:

      Saya sebagai urang sumando di Payakumbuh dan asli saya di Batu Sangkar< Saya sangat setuju atas rencana Pedmbangunan Bandara di Payakumbuh, Saya melihat potensi yg sangat bagus utk pembangunan Bandara, Daerah Payakumbuh sangat luas dan kontur daerahnya bisa untuk pembangunan Bandara. Kita harus memandang jauh ke depan, dengan adanya Bandara di Payakumbuh akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan perkembangan daerah. untuk berangkat ke jakarta orang pasti memilih bandara yg terdekat. seperti daerah Sijunjung, Lintau, Tanah Datar, Bukit Tinggi dan khususnya daerah 50 Kota. Saya segai urang sumando dari Batu sangkar yg bekerja di jakarta sangat mendukung rencana Bpk Walikota.

  2. putri sago berkomentar:

    kalau ado dana dari lua APBD kota payokumbuh apa salahnya dibangun..
    yang penting APBD kota pikumbuah ndak diusik usik. kami setuju dibangun bandara.
    okelah kalau begitu… tolong diingatkan rakyat pikumbuah bahwa Golkarlah yg jadi penghalang pembangunan bandara di Kota Pikumbuah. khususnyo saat pemilu tahun 2014. mari kito coliek basamo suaro ka Golkartu…

    • nilawati amir berkomentar:

      ah bapo dek sampai co itu bona sangsinyo put, koreh bona si put ko mah. sadang gunuang sago nan godang tu ontok2 se nyo, ko si put nan ketekko nan banyak ulah.

  3. jefri berkomentar:

    silahkan bangun bandara kalau itu memang baik buat negeri ini tapi kalau itu tidak baik nantinya, siapa yang akan bertanggung jawab? tolong dipikir-pikir lagi. ini bukan masalah APBD (piti-piti) tapi lebih kepada segi kemanusiaan dan generasi.

  4. jefri berkomentar:

    Bagaimana kalau pembangunan banda kita ganti dengan pembangunan SEKOLAH yang bisa diakui oleh dunia keunggulannya. kira-kira mana yang lebih baik?

    • akbar berkomentar:

      dua-duanya sama-sama baik pak, sekolah yang infrastrukturnya baik dan transportasi yang lengkap akan memajukan rakyat payakumbuh dan kab, limopuluah koto.

  5. Urang awak berkomentar:

    Utk globalization sebuah daerah harus Punya bandara penerbangan utk lancarnya ekonomi. Baa pulo k maju airport ajo ndak ado

  6. jefri berkomentar:

    lancarnya ekonomi seperti apa? untuk globalization sebuah daerah yang pertama harus ditingkatkan adalah SDM nya dulu. SDM yang belum siap akan dijajah dan dibodohi. mari kita lihat bersama-sama nanti kalau bandara ini jadi berdiri.

    • putri sago berkomentar:

      KALAU INDAK BARANI MAJU JAAN BAOK MUNDUR PULO…
      MUNGKIN KALAU DI JOPANG SANAK INDAK DIPAKAIDO..
      LAH JOLEH TIOK KOTA NAN MAJU DI DUNIE KO ADO LAPANGAN KAPA TOBANGNYO..
      KO SANAK INDAK NAMUAH PULO DAN MANIRU AFRIKA BAGIAN DUSUNNYO PULO..
      INDAK PARALU BAANDAI ANDAI KA GAGAL PULO ATAU RUSAK PULO BEKO.. TAGANTUANG NIAT SANAKTU.. KALAU KA SANAK MAJUKAN,, INSYAALLAH MAJU. TAPI KALU KA SANAK RUSAKKAN,, BAA KA MAJU MAJU…

  7. Ronal berkomentar:

    Memang kalau dibandingkan masyarakat minang berada di pesir lautan dan pertengahan daratan. Pola pikiran atau watak manusia nya sangat berbeda dan budaya nya pun berbeda walaupun sama2 org minang. Saya merasa selama ini, pembangunan daerah di berat kan ke Padang, Padang Pariaman, Solok….Tetapi, sampai saat sekarang pembangunan kota2 tersebut belum terbenahi, malahan di katakan tertinggal jauh dari kota daerah lainnya.
    Ditinjau dari lambatnya pembangunan kota padang bisa berpengaruh memperlambat juga pembangunan di kota Payakumbuh.
    Jadi masyarakat Payakumbuh hanya bisa utk membenahi diri sendiri, dengan kesadaran dan semangat masyarakatnya utk bisa cepat membangun kota dan kabupatennya, demi mempercepat pertumbuhan, perkembangan kesejahteraan ekonomi masyarakat nya.
    Soal mutu pendidikan di kota Payakumbuh sudah banyak menciptakan SDM yang handal dari dulunya. Jadi masyarakat kota Payakumbuh byk SDM nya tetapi lapangan kerjanya tidak ada. Di tambah lagi tempat pariwisatanya sangat minim….. Disinilah letak pertumbuhan perekonomian PYK dari dulunya tak terperhatikan oleh PEMDA SUMBAR.
    Oleh sebab itu, seandainya kalau sudah ada lapangan udara internasional di kota Payakumbuh, bisa menarik Insvestor atau turis dari Singapura , Malaysia dan negara terdekat lainnya. Dengan adanya mereka, kemungkinan dapat membuat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi kota Payakumbuh khususnya.
    Syarat cepat pertumbuhan perekonomian adalah:
    lancar nya jalur transportasi darat seperti mempersiapkan jalur lintas dua jalur. Bisa di contoh kota Pekanbaru mempersiapkan jalan jalur lintas nya sudah terencana dari dahulunya. Dan sekarang kota Bangkinang walaupun penduduk nya masih sedikit tetapi kota ini mempunyai jalan rayanya dua jalur..
    Selain dari itu mempersiapkan lahan untuk lapangan udara penerbangan Internasional.
    Ada nya lahan untuk perindustrian dan lahan tempat pariwisata.
    Adanya sarana prasana untuk olah raga. Seperti Gelanggang olah raga bertaraf internasional.
    Dengan adanya sarana prasana bertaraf internasional bisa cepat membantu perkembangan perekonomian kota Payakumbuh.
    Dan saya yakin hal ini, diperhatikan kota Payakumbuh bisa menjadi kota metropolitan baru berkembang di Sumatera.
    Kalau tidak ada semangat dari masyrakatnya sendiri, untuk merubah kota nya ……berarti masyarakat Payakumbuh dan Kab.50 Kotanya “ONGOK-ONGOK DAL AM BONCAH” ….untuk selama-lamanya.

  8. Ronald berkomentar:

    Memang kalau dibandingkan masyarakat minang berada di pesisir lautan dan pertengahan daratan. Pola pikiran atau watak manusia nya sangat berbeda dan budaya nya pun berbeda walaupun sama2 org minang. Saya merasa selama ini, pembangunan daerah di berat kan ke Padang, Padang Pariaman, Solok….Tetapi, sampai saat sekarang pembangunan kota2 tersebut belum terbenahi, malahan di katakan tertinggal jauh dari kota daerah lainnya. Ditinjau dari lambatnya pembangunan kota padang bisa berpengaruh memperlambat juga pembangunan di kota Payakumbuh. Jadi masyarakat Payakumbuh hanya bisa utk membenahi diri sendiri, dengan kesadaran dan semangat masyarakatnya utk bisa cepat membangun kota dan kabupatennya, demi mempercepat pertumbuhan, perkembangan kesejahteraan ekonomi masyarakat nya. Soal mutu pendidikan di kota Payakumbuh sudah banyak menciptakan SDM yang handal dari dulunya. Jadi masyarakat kota Payakumbuh byk SDM nya tetapi lapangan kerjanya tidak ada. Di tambah lagi tempat pariwisatanya sangat minim….. Disinilah letak pertumbuhan perekonomian PYK dari dulunya tak terperhatikan oleh PEMDA SUMBAR.Oleh sebab itu, seandainya kalau sudah ada lapangan udara internasional di kota Payakumbuh, bisa menarik Insvestor atau turis dari Singapura , Malaysia dan negara terdekat lainnya. Dengan adanya mereka, kemungkinan dapat membuat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi kota Payakumbuh khususnya.
    Syarat cepat pertumbuhan perekonomian adalah:
    • lancar nya jalur transportasi darat seperti mempersiapkan jalur lintas dua jalur. Bisa di contoh kota Pekanbaru mempersiapkan jalan jalur lintas nya sudah terencana dari dahulunya. Dan sekarang kota Bangkinang walaupun penduduk nya masih sedikit tetapi kota ini mempunyai jalan rayanya dua jalur..
    • Selain dari itu mempersiapkan lahan untuk lapangan udara penerbangan Internasional.
    • Ada nya lahan untuk perindustrian dan lahan tempat pariwisata.
    • Adanya sarana prasana untuk olah raga. Seperti Gelanggang olah raga bertaraf internasional.
    • Dengan adanya sarana prasana bertaraf internasional bisa cepat membantu perkembangan perekonomian kota Payakumbuh.
    Dan saya yakin hal ini, diperhatikan kota Payakumbuh bisa menjadi kota metropolitan baru berkembang di Sumatera.Kalau tidak ada semangat dari masyrakatnya sendiri, untuk merubah kota nya

  9. ronal berkomentar:

    Berdasarkan berita dari web site nya PEMKO PAYAKUMBUH ada berita yang berjudul “ Soal Rencana Pembangunan Bandara Payakumbuh. Walikota Riza, Janganlah Apriori Dulu “.
    Saya mempunyai sedikit komentar untuk PEMKO PAYAKUMBUH, khususnya untuk bapak Wako Payakumbuh dan Bapak Bupati Kab.50 Kota sekalian DPRD nya.
    Memang kalau dibandingkan masyarakat Minang berada di pesisir lautan dan pertengahan daratan. Pola pikiran atau watak manusia nya sangat berbeda. Dan budaya nya pun berbeda walaupun sama-sama orang Minang.
    Saya merasa selama ini, pembangunan daerah di berat kan ke kota Padang, Padang Pariaman, Solok ….Tetapi, sampai saat sekarang pembangunan kota-kota tersebut belum terbenahi, malahan di katakan masih tertinggal jauh dari kota daerah lainnya.
    Ditinjau dari lambatnya pembangunan kota Padang sebagai Ibukota provinsinya SUMBAR, bisa berpengaruh memperlambat juga terhadap pembangunan di kota Payakumbuh.
    Jadi masyarakat Payakumbuh hanya bisa utk membenahi diri sendiri, dengan kesadaran dan semangat masyarakatnya utk bisa cepat membangun kota dan kabupatennya, demi mempercepat pertumbuhan, perkembangan kesejahteraan ekonomi masyarakat nya.
    Karena saya juga lahir di kota Payakumbuh , tamatan SD N 1, SMP N 1, SMA N 1 di Payakumbuh. Merasakan soal mutu pendidikan di kota Payakumbuh sudah banyak menciptakan SDM yang handal dari dulunya. Saya rasa sekolah di Payakumbuh banyak lebih bermutu dan tak tertinggal dari kota-kota lainnya.
    Jadi masyarakat kota Payakumbuh byk SDM nya yang berkwalitas tetapi lapangan kerjanya tidak ada. Di tambah lagi tempat pariwisatanya sangat minim….. Disinilah letak pertumbuhan perekonomian PYK dari dulunya tak terperhatikan oleh PEMDA SUMBAR.
    Oleh sebab itu, seandainya kalau sudah ada lapangan udara internasional di kota Payakumbuh, bisa menarik Insvestor atau turis dari Singapura , Malaysia dan negara terdekat lainnya. Dengan adanya mereka, kemungkinan dapat membuat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi kota Payakumbuh khususnya.Syarat cepat pertumbuhan perekonomian adalah:

    ( 1) Mengutamakan lancar nya jalur transportasi darat seperti mempersiapkan jalur lintas dua jalur antar kota maupun daerah.
    Bisa di contoh kota Pekanbaru mempersiapkan jalan jalur lintas nya sudah terencana dari dahulunya. Dan sekarang kota Bangkinang, walaupun penduduk nya masih sedikit tetapi kota ini mempunyai jalan rayanya dua jalur.
    Pemko Payakumbuh harus dari sekarang merencanakan untuk memperluas lebar jalur jalan lintas Payakumbuh, seperti pelebaran jalan dua jalur dari Ngalau sampai ke Sarilamak Tanjung Pati, pelebaran dua jalur JL. Tan Malaka sampai sicincin.
    Jadi sepanjang jalan ini bisa sebagai tempat pengembangan perekonomian masyarakat Payakumbuh. Dimana tempat pembangunan Ruko-ruko yang dikelola oleh swasta.
    Selain dari itu, PEMKO Payakumbuh bisa merencanakan pembangunan jalan Tol dari Sarilamak Tanjung pati sampai ke kota Bangkinang Kab. Kampar , demi utk sebagai langkah awalnya pengembangan perekonomian kota Payakumbuh. Perencanaan ini PEMKO Payakumbuh harus mencari investornya dari kalangan swasta terbesar.

    (2)Selain dari itu mempersiapkan lahan untuk lapangan udara penerbangan Internasional. Lengkap dengan mempersiapkan lahan-lahan untuk penginapan atau perhotelan sekitar bandara.Membangun bandara tersebut jangan tangung-tangung, karena kegunaan akan terus berlanjut untuk masa akan dantangnya.

    (3)Mempersiapkan utk jangka pembangunan perekonomian kedepannya dengan mengadakan, lahan untuk perindustrian dan maupun lahan tempat pariwisata.

    (4) Mempersiapkan lahan-lahan perumahan dan tempat permungkinan penduduk yang strategis, seperti mengadakan mempersiapkan pembangunan RUKO, RUSUNAWA maupun Perumahan sederhana.

    (5) Mempersiapkan jalur irigasi dan saluran drainase pencegahan banjir.

    (6)Mempersiapkan lahan pengolahan limbah sampah rumah tangga dan industri.

    (7)Adanya sarana prasana untuk olah raga yang mendukung. Seperti Gelanggang olah raga bertaraf internasional. Dengan adanya sarana prasana bertaraf internasional bisa juga cepat membantu perkembangan laju perekonomian kota Payakumbuh. Seperti persiapan untuk pelaksanan PON.Atau pengadaan pertandingan olah raga bertaraf internasional maupun lokal.

    Kesimpulannya : Pertumbuhan perkembangan perekonomian di kota Payakumbuh sangat lambat jadinya, bila tidak ada sarana – prasana yang mendukung seperti contohnya diatas.
    Dan saya yakin hal ini, diperhatikan kota Payakumbuh bisa menjadi kota metropolitan baru berkembang di Sumatera, dan meninggalkan kota Padang.
    Kalau tidak ada semangat Pemimpin kotanya berserta dukungan dari masyrakatnya sendiri, untuk merubah kota Payakumbuh. Berarti masyarakat Payakumbuh dan Kab.50 Kotanya akan tertinggal pembangunan perekonomian masyarakat untuk selama-lamanya.

    • pendukung Bpk Riza Falepi berkomentar:

      saya mendukung usulan bapak walikota payakumbuh riza falepi untuk pembangunan bandara, memudahkan datangkan turis lokal dan asing disektor pariwisata, untuk kemajuan perekonomian daerah.

  10. Wendi Sastra berkomentar:

    …Banyak (inovasi besar) yg barawal dari mimpi…sepertinya mimpi tersebut sudah menjadi wacana salah satu perencanangan pembangunan oleh Pemko & Penkab. Untuk sampai disini (“RENCANA PEMBANGUNAN BANDARA”) dan dari informasi lain yang saya tahu, maka saya SANGAT SETUJU. Selanjutnya kami tunggu detail/kajiannya.. tentu yang berhubungan seluruh aspek…,Sosial, Ekonomi, Budaya, dan lagi aspek politik dan keamanan. Selamat bekerja kita semua..mudah2an dapat menentukan riset, analisa, perhitungan yang tepat untuk menghasilkkan Perencanaan Matang dan sudah pasti itu Yang Menguntungkan Masyarakat Payakumbuh Khususnya…

  11. pendukung bpk Riza Palefi berkomentar:

    saya dukung pembangunan bandara payakumbuh yang dampak positif nya akan dinikmati masyarakat pada umumnya, untuk mengangangkat kemajuan perekonomian, mendatangkan turis lokal maupun asing di sektor pariwisata, hidup Bapak Riza Palefi

  12. Marahsutan berkomentar:

    Tidak setuju pembangunan apalagi Bandara adalah berpolitik, mana yel-yel nya dulu Politik No Pembangunan Yes. Apakah karena Wako tidak sewarna dengan yang tidak setuju lalu bilang dengan sejuta alasan TIDAK SETUJU. Yang tidak setuju biar saja membuat terminal bendi dan naik bendi ke mana-mana. Membuat monumen saja ada uang kenapa untuk Bandara untuk angkut telur ke Sia, Msia tidak ada uang. Ahhh politik.

  13. andreahmad berkomentar:

    benahi dulu birokrasi baru bikin program yg super mega…. landasan aja belum kuat gimana mau terbang…. apakah benar anak nagari sudah setuju dengan project ini?…. bikinlah program pro kerakyatan bukan program buat elit-elit yg berkepentingan…masih banyak yg harus dibenahi di Payakumbuh ini…janganlah terpengaruh oleh bisikan2 orang2 yg berkepentingan yang nantinya memperburuk keadaan dan merusak kredibilitas dan amanah yg diberikan rakyat…. berpikir rasional, sederhana dan tidak terjebak dengan keputusan sendiri…yang ringan-ringan ajo alun ta’angkek lai …nan barek juo nan ka’diangkek…hehehehe
    dalam hal ini bukan berarti kita pesimis dengan program ” Bandara ” tp perkuat dulu landasan dasar yakni birokrasi beserta sektor2nya dulu yakni perencanaan dari segala aspek dan sektor krn kita akan mempertimbangkan multi effect yg ditimbulkan utk kemajuan perekonomian misalnya ;
    1. proses bisnis… apa sih dampak yg ditimbulakan dr pembangunan bandara ini dan apakah kita sudah siap dengan adanya bandara serta apa yang kita jual dalam artian potensi yng bisa menghasilkan bagi daerah serta kesejahteraan masyarakat … misalnya dampaknya dari bidang pariwisata menarik wisatawan datang ke daerah… coba identifikasi dulu apa saja potensi wisata yg ada di payakumbuh (ngalau ?) … jd coba anda fikirkan sejauh mana sektor-sektor yg ada dengan kesiapannya (perdaganagan, pertanian, periwisata, perhubungan dll) contoh pasar payakumbuh sampai sekarang lt. II masih kosong belum ada strategi untuk membenahinya.
    2. aspirasi, apakah semua ini sudah sesuai dgn keinginan masyarakat… lakukan survey dulu baru bisa dikatakan aspirasi masyarakat..jgn hanya mengkonsumsi informasi dr kelompok yg berkepentingan yang belum memiliki kajian tetap.
    3. analisa kebutuhan, apa sih tujuan dari bandara ini dibangun seperti halnya point 1 diatas ”proses bisnis, kelancaran transportasi dll… itu harus dipertegas
    4. azaz mamfaat…. coba anda prediksi melalui pemetaan aspek2 bisnis terkait bagaimana mamfaat yg ditimbulkan kedepannya apakah keuntungan yg muncul dr segala aspek tersebut
    5. profit, bagaimana keuntungan dan pembagian keuntungan dari pembangunan bandara, hal ini harus di pertimbangkan… krn melihat potensi daerah yg dimiliki daerah tetangga lebih menguntungkan dr pada kota payakumbuh
    6. Kajian Regulasi, bagaimana regulasi memandang proses pembangunan bandara tersebut misalnya ; prosedur pembangunan bandara berdasar peraturan perundang-undangan
    7.aspek teknis, harus menetapkan peruntukan lahan / lokasi sesuai dengan RTRK, kajian amdal , kajian geografis, kajian struktur tanah, kajian kebutuhan bandara tersebut seperti ; parkir, jalan, terminal dll
    8.SDM, apakah SDM untuk poject ini sudah memadai dan memiliki kemampuan
    saya berharap kalau memang program ini dilakanakan tolonglah pemerintah berpikir kepada kepentingan rakyat kecil, bukan kepentingan golongan elit , atau tujuan politik … wassalam

  14. awah sajo berkomentar:

    gimana mau maju….untuk maju aja di halangi…golkar ku ,golkar ku malang.

  15. anak rang payokumbuah berkomentar:

    Kepada pemimpin baru, jangan terlalu sering bermimpi selesaipakan masalah ekonomi masyarakat payakumbuh yang morat marit dulu baru memikirkan w,acana muluk2 tersebut, jangan memancing di air keruh, mengambil simpati rakyat atau yg lebih di kenal dg kata2 p
    encitraan, blunder ntar.!

  16. Teh Hitam berkomentar:

    Dengan adanya portal resmi ini saya berharap ada ruang bagi publik untuk bisa mengakses informasi seluas-luasnya dan bisa menyampaikan kritik dengan penuh keterbukaan. tentunya, saya berharap kritik dan saran via dunia maya ini bisa langsung di follow up. tidak sekedar menjadi “fasilitas” menyampaikan kritik dan saran saja.

    Semoga bermanfaat

  17. KIOS AIRGUN berkomentar:

    Daftar Harga Promo All Item Airgun

    – Baikal Makarov Rusia (chrome) Rp 4.000.000
    – Baikal Makarov Rusia (black) Rp 3.600.000
    – Airgun Umarex Bareta px 4 storm Rp 3.500.000
    – Airgun Umarex Colt 1911-A1 Rp 3.20.000
    – Airgun Umarex Walther PPK/S Rp 2.500.000
    – Airgun Umarex Walther CP99 Rp 3.600.000
    – Airgun Umarex HK P30 Rp 3.400.000
    – Airgun Umarex P26 Hammerli Rp 3.450.000
    – Umarex Revolver Smith N Wesson Mod. 586 Rp 3.500.000
    – Airgun Umarex Desert Eagle Rp 3.380.000

    KIOS AIRGUN
    0819-874-379

  18. toko bunga murah berkomentar:

    Pemko Payakumbuh harus dari sekarang merencanakan untuk memperluas lebar jalur jalan lintas Payakumbuh, seperti pelebaran jalan dua jalur dari Ngalau sampai ke Sarilamak Tanjung Pati, pelebaran dua jalur JL. Tan Malaka sampai sicincin.
    Jadi sepanjang jalan ini bisa sebagai tempat pengembangan perekonomian masyarakat Payakumbuh. Dimana tempat pembangunan Ruko-ruko yang dikelola oleh swasta.

  19. Bang Buan berkomentar:

    Semoga perencanaan dan pelaksanaannya benar benar sesuai ketentuan, tanpa ada unsur kepentingan pihak tertentu (titipan ). Bravo

  20. defrizal rizal berkomentar:

    Setuju pak wako dengan pembangunan bandara karena dengan adanya bandara maka akan membuka lowongan pekerjaan pada masyarakat kita ,sejalan dengan pembangunan bandara kita juga memperbaiki tempat” Wisata yang ada di payakumbuh dan kab.50 kota untuk menarik keinginan Turis” datang berkunjung menikmati indah nya daerah payakumbuh dan sekitarnya.Maju terus pak Wali kota ini adalah kegiatan positif untuk mensejahterakan masyarakat kito payokumbuah dan dengan adanya bandara ini pasti banyak Investor yang datang ke payokumbuah untuk menanamkan modalnya.

  21. riki alfitra berkomentar:

    assalam mualaikum wr wb.
    Iko kni ko buaknyo soal dana APBD,pak,
    memang iyo rancak klo ado bandara di kampuang kitonko pak
    tpi mari awwak bapikia secar logika kni pak
    klo kto bngun bandara di kampuang kito,daerahnyo pasti di mudiak tu pak
    disitu tu pasti di bangunjaln nan baru,rumah2 penduduk yang ado dakek situ pasti di gusur,dan mato npancarian penduduk dakek situ pasti ilang,mulai dari sawah,ladang tu ndk ado bisuak tu lai do pak,klo pemirontah nan ma agiah ganti rugi psati ndk sasuai jo kandak2 dunsanak wk nan addo dakek situ,nan rancak dana tu pak disumbangan ka pado dunsanak2 kito nan kurang mampu,bnyak di kota wk ko pak urang nan kurang mampu,

  22. Gunawan Wibisono berkomentar:

    Yang mampu memajukan suatu kota adalah:
    1. Sumber Daya Manusia (SDM) yang mau belajar untuk maju dan lebih banyak tahu (knowledge) dan bisa
    2. Infrastruktur yang Mampu menggali dan mengelola Sumber Daya Daerah/Kota sehingga menjadi High Value Commodity (meningkatkan PAD)
    3. Kultur tata Daerah/Kota yang menggunakan SDM dan Infrastruktur tersebut dalam point 1. dan 2.

    Tantangan:
    1. Bagaimana strateginya realisasinya?
    2. Bagaimana kemampuan daerah/kota mengembangkan SDM dan Infrastruktur?
    3. Bagaimana komitmen semua stake holder daerah kota untuk kemajuan bersama?

  23. Puisi Cinta Sejati berkomentar:

    Postingan yang sangat bermanfaat

  24. bahan jok mobil berkomentar:

    terima kasih atas infonya

  25. tajuang limau berkomentar:

    Golkar takut kalau anggaran terpakai untuk proyek bandara maka tunjangan untuk PNS dibayar pakai apa ???? Selama ini yang membuat PNS sejahtera adalah Golkar, imbal baliknya PNS harus patuh sama golkar….Pertanyaannya adalah apakah semua orang Payakumbuh berprofesi PNS???? Apakah PNS peyumbang terbanyak untuk Daerah??? Apakah pantas Golkar menolak rencana proyek bandara????……. MARI KITA JAWAB SENDIRI2….

  26. Ir. Hasanuddin berkomentar:

    saya sebagai urang sumando dari Batu Sangkar sangat mendukung Rencana Pembangunan Bandara di Payakumbuh, Saya bekerja di Jakarta dan Keluarga tinggal di Payakumbuh. dengan adanya bandara akan mempercepat pertumbuhan Ekonomi dan perkembangan daerah, Daerah Payakumbuh sangat potensial, tempatnya sangat strategis, dikelilingi oleh Kabupaten Pasaman, Tanah Datar, Kodya Bukit Tnggi, Sijunjung. Untuk berangkat ke Jakarta jarak yg ditempuh lebih dekat, klo ini benar akan diwujutkan, Saya akan menyumbangkan femikiran untuk perrencanaan Pembangunan Bandara di Payakumbuh, Saya mendukung Rencana Bapak Walikota.

  27. daftar harga berkomentar:

    terimakasih infonya bapak admin

  28. Biodata CheryBelle berkomentar:

    Terimakasih infonya,sukses selalu web nya.

  29. runni berkomentar:

    walaupun payakumbuh ndak jadi bikin bandara namun pembangunan infrastruktur lainnya harus tetap diperjuangkan…semangat http://goo.gl/z96lb2

  30. HP BlackBerry berkomentar:

    Makasih infonya, semoga maju dan sukses selalu buat payakumbuhkota.go.id

  31. Harga Samsung Galaxy berkomentar:

    Info yang sangat menarik dan bermanfaat,sukses selalu web nya. http://goo.gl/hKu4LF | http://goo.gl/ik5SHB | http://goo.gl/7Yz8oP

  32. Harga HP Samsung berkomentar:

    Terima kasih informasinya,salam kenal dari saya,dan semoga maju terus webya. http://goo.gl/1qgYIg

  33. Mohon info peraturan daerah terbaru Kota Payakumbuh untuk saling share di http://peraturandaerah.com. Terima kasih sebelumnya.

    • Suhedri Busli berkomentar:

      Assalaamu’alaikum..
      Terima kasih pada saudara pemilik blog perda…Kami sangat apresiasi dengan niat dan usaha anda dalam memuat perda daerah kami, dan Insyaallah dalam tahun ini kami akan segera mengupload semua perda dimaksud.

      Hormat kami,

      Admin.

  34. Berita Teknologi berkomentar:

    pembangunan harus ditingkatkan pak agar semakin merata dan maju..

  35. bantal jok mobil berkomentar:

    Pemko Payakumbuh harus dari sekarang merencanakan untuk memperluas lebar jalur jalan lintas Payakumbuh, seperti pelebaran jalan dua jalur dari Ngalau sampai ke Sarilamak Tanjung Pati, pelebaran dua jalur JL. Tan Malaka sampai sicincin.

  36. doa puasa berkomentar:

    saya sebagai urang sumando dari Batu Sangkar sangat mendukung Rencana Pembangunan Bandara di Payakumbuh, Saya bekerja di Jakarta dan Keluarga tinggal di Payakumbuh. dengan adanya bandara akan mempercepat pertumbuhan Ekonomi dan perkembangan daerah, Daerah Payakumbuh sangat potensial, tempatnya sangat strategis, dikelilingi oleh Kabupaten Pasaman, Tanah Datar, Kodya Bukit Tnggi, Sijunjung. Untuk berangkat ke Jakarta jarak yg ditempuh lebih dekat, klo ini benar akan diwujutkan, Saya akan menyumbangkan femikiran untuk perrencanaan Pembangunan Bandara di Payakumbuh, Saya mendukung Rencana Bapak Walikota.

  37. bantal mobil berkomentar:

    pembangunan harus ditingkatkan pak agar semakin merata dan maju..

  38. Dek Bana berkomentar:

    Percepatan pembangunan fasilitas penunjang ekonomi masyarakat sangat penting untuk di prioritaskan. Terutama transportasi yang cepat sehingga dapat menghemat waktu para pendatang ke kota batiak.

    Tapi ada hal utama lagi yang harus di perhatikan oleh pemerintah kita, yaitu mempersiapkan tenaga Sumber Daya Manusianya. Sehingga mereka dapat menjadi pelaku investor atau ikut berkontribusi secara nyata ke pada daerah mereka sendiri, jangan cuma mempersiapkan mereka hanya sebagai pekerja di kampung tanah kelahiran mereka sendiri. Seperti yang terjadi di beberapa daerah di Sumatera Barat.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id