Untuk Ketujuh Kali, Payakumbuh Rebut Piala Adipura 2013 | Payakumbuh Kota

Untuk Ketujuh Kali, Payakumbuh Rebut Piala Adipura 2013

adipura payakumbuh
Berita Terkait:

Kota Payakumbuh kembali mencatat prestasi  bergengsi di tingkat nasional.  Kota sedang berpenduduk sekitar 130 ribu jiwa itu, untuk ketujuh kalinya merebut Piala Adipura, lambang supremasi tertinggi terhadap kota yang sukses mengaplikasikan program lingkungan hidup, terutama dibidang ketertiban, kebersihan dan keindahan kota.

Anugerah Piala Adipura 2013 itu, akan diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, Senin (10/6). Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi akan menerima Piala Adipura itu untuk pertama kalinya selama memegang tampuk pimpinan kepala daerah Payakumbuh, sejak 26 September 2012, bersama Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar.

Pimpinan SKPD yang terlibat dalam Adipura, disertakan walikota untuk menerima Piala Adipura. Di antaranya  Kadis Tata Ruang dan Kebersihan Zulinda Kamal, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Prima Yanuarita, Kadishub Adrian, Kadisparpora Syahnadel Khairi dan Staf Ahli Walikota Marta Minanda.  Selain itu, sejumlah kabid dan kabag pun, ikut dilibatkan dalam penjemputan Piala Adipura ini.

 “Saya senang dan bangga, begitu Payakumbuh dilaporkan menerima Piala Adipura Tahun 2013 ini,” ucap Walikota Riza Falepi, ketika dihubungi di Payakumbuh, Minggu (9/6).  Menurut Walikota Riza, Piala Adipura, pada era  Reformasi ini, mulai direbut Payakumbuh sejak  tahun 2006. Selanjutnya, berlanjut lima kali berturut hingga tahun 2010. Hanya saja, di tahun 2010, pemerintah pusat membuat kebijakan lain, menghapus istilah Adipura Kencana, terhadap kota/kabupaten yang sukses merebut Piala Adipura Kencana.

Tahun 2011, Payakumbuh gagal merebut Piala Adipura. Tapi, anak hilang tersebut kembali ditemukan di tahun 2012, hingga akhirnya sukses dipertahankan pada tahun 2013. Tahun ini, istilah Adipura Kencana diberlakukan lagi. Tapi, karena tahun 2012 Payakumbuh gagal mempertahankannya, maka untuk merebut Adipura Kencana, harus dihitung ulang  lagi, setelah Payakumbuh merebut Adipura di tahun 2012. “Tiga tahun ke depan, Adipura Kencana harus kita rebut dan diboyong ke Kota Batiah,” tegas Riza Falepi.

Komitmen Payakumbuh bersama DPRD dalam program lingkungan hidup terbilang cukup tinggi. Untuk program ketertiban, kebersihan dan keindahan kota itu, pimpinan daerah bersama seluruh jajarannya tidak setengah-setengah. Buktinya, pembangunan infrastruktur dan semua fasilitas yang menyangkut dengan program dimaksud, secara bertahap dibenahi pemko. Sejalan dengan itu, kesejahteraan pasukan kuning pun, ikut diperhatikan.

“Kita selalu fokus dan all out dengan program lingkungan hidup. Mulai dari  lingkungan pemukiman, perkantoran, tempat-tempat pelayanan  kesehatan, perbelanjaan, sekolah serta areal pelayanan publik,  terminal dan  pasar, menjadi perhatian khusus bagi pemko. Program dimaksud, bukan hanya milik Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK) dan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Payakumbuh. Tapi, dikeroyok bersama-sama oleh SKPD terkait lainnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bertanggung jawab memelihara dan meningkatkan lingkungan sekolah. Makanya, seluruh sekolah memulai program  penghijauan dan perindangan atau sekolah berwawasan lingkungan. Sekolah diikutsertakan dalam Lomba Adiwiyata. Tahun 2012, SMAN 2 Payakumbuh yang merebut Piala Adiwiyata.

Tahun 2013, Payakumbuh megajukan tiga SD  untuk Lomba Adiwiyata Nasional,  masing-masing SDN 66 di Kelurahan Labuh Baru, Payakumbuh Utara. Kemudian SDN 02 di Kelurahan Balai nan Duo dan SDN 26 di Kelurahan Payolansek, keduanya di Kecamatan Payakumbuh Barat.  Penilaian tingkat nasional terhadap tiga sekolah yang lolos, menurut rencana akan dinilai tim Adiwiyata pusat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan sejumlah tim indenpenden lainnya, dalam bulan   Juni ini.

Sementara, lingkungan kesehatan dikelola dan dikerjakan oleh seluruh jajaran Dinas Kesehatan Payakumbuh. Pimpinan Puskesmas, puskesmas pembantu, poskeskel, direktur rumah sakit Adnaan WD bertanggung jawab terhadapkebersihan pusat pelayanan kesehatan itu, di bawah kendali Dinas Kesehatan Payakumbuh. Kawasan pariwisata, menjadi tanggung jawab Disparpora kota ini.

Sektor lingkungan pasar dan terminal, dikendalikan Kadis Koperindag dan Kadis Perhubungan Komunikasi. Begitu juga, lingkungan pemukiman, pembenahan sistem drainase dan jalan lingkungan, MCK, di bawah kendali  sekdako, asisten setdako serta camat serta Dinas PU Payakumbuh. Semuanya, bersinergi untuk program lingkungan hidup ini ini.

Secara berkala, Kantor Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan Komunikasi, melakukan pemeriksaan labor terhadap tingkat pencemaran air sungai, polusi udara dan uji labor industri makanan.  Pemko bersama DPRD ingin  mewujudkan Payakumbuh City Green selama kepemipinan pasangan Riza Falepi dan Suwandel Muchtar.

KOMENTAR ANDA

Silahkan tuliskan komentar Anda pada form dibawah.

  1. puan berkomentar:

    PAK WALI TAHUN KEMAREN RAMADHAN 2012 LEDAKAN KEMBANG API TELAH BERHASIL MENGANGGU IBADAH RAMADHAN KAUM MUSLIMIN KOTA PAYAKUMBUH.
    MOHON KIRANYA DI CABUT IJIN EDAR KEMBANG API DARI KOTA PAYAKUMBUH PADA RAMDHAN 2013 INI, KARENA WALIKOTA SEBELUM BAPAK MEMBIARKAN SAJA.
    PADAHAL UMAT ISLAM KOTA PAYAKUMBUH TERGANGGU KARENA LEDAKAN KEMBANG API YANG DIJUAL BEBAS DI KOTA PAYAKUMBUH.
    BANTUAK INDAK BAPEMIMPIN KAMI TAHUN KAPATANG PAK DAN INDAK ADO TAMPEK MANGADU.
    APAKAH MEMANG WAKO INDAK BISA MANYETOP PAREDARAN KOMBANG API DARI KOTA PAYAKUMBUH? ATAWKAH PRODUSEN NYO ALAH MANYOGOK?
    KAMI TUNGGU AKSI ISLAMI PAK WALIKOTA, SEMOGA ALLAH SWT MEMBERI PAHALA YANG SETIMPAL, AAMIIN.
    ADIPURA = AMAN BERIBADAH SELAMA RAMDHAN 2013 DARI LEDAKAN KOMBANG API..

  2. obat liver berkomentar:

    terima kasih sudah berbagi berita yang sangat menarik
    __________________________________________

  3. obat sinusitis berkomentar:

    terima kasih banyak atas infonya

  4. obat herpes berkomentar:

    infonya sangat menarik untuk di simak gan

  5. obat penyakit varises berkomentar:

    terima kasih atas infonya gan

  6. Obat Penyakit Tiroid berkomentar:

    mantap infonya

  7. Obat Benjolan Di Leher berkomentar:

    teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik

  8. Terima kasih sudah berbagi bertia yang sangat menarik

  9. Obat Asam Urat Herbal berkomentar:

    terima kasih banyak telah menyediakan berita yang sangat menarik

  10. Obat Penyakit Stroke berkomentar:

    terima kasih karena telah berbagi berita yang menarik

  11. terima kasih banyak atas beritanya

  12. Obat Psoriasis berkomentar:

    terima kasih banyak atas infonya

  13. Jelly Gamat berkomentar:

    ikut nyimak informasinya

  14. terima kasih banyak informasinya

  15. mantap gan informasinya

  16. Obat Penyakit TBC berkomentar:

    terima kasih banyak karena telah berbagi berita yang sangat menarik

  17. Obat Penyakit Ambeien berkomentar:

    info yang sangat menarik gan

  18. izin berkunjung dan selamat menjalankan aktivitasnya

  19. terima kasih atas informasinya

  20. Obat Kanker Payudara berkomentar:

    thank’s beritanya

  21. terima kasih banyak sudah berbagi berita yang sangat menarik

  22. Obat Keputihan berkomentar:

    mantap informasinya gan

  23. Obat Cacar Air berkomentar:

    info yang sangat menarik

  24. Obat Penyakit Liver berkomentar:

    terima kasih banyak atas beritanya

  25. Obat Penyakit Vitiligo berkomentar:

    terima kasih banyak karena sudah berbagi informasi yang menarik

  26. Obat Usus Buntu berkomentar:

    good news, ditunggu berita selanjutnya

  27. Obat Polip Hidung berkomentar:

    terima kasih beritnya gan

  28. Obat Herbal Sinusitis berkomentar:

    mantap gan informasinya

  29. vektor undangan berkomentar:

    Berbahagia sekali bisa bersilaturahmi melalui website yang sangat menginspirasi ini. Banyak artikel yang sangat bermanfaat.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012