Riza Falepi Monitor Ujian CPNS Payakumbuh 2014, HARI PERTAMA, 14 PESERTA ABSEN MASUK RUANG LABOR CAT | Payakumbuh Kota

Riza Falepi Monitor Ujian CPNS Payakumbuh 2014, HARI PERTAMA, 14 PESERTA ABSEN MASUK RUANG LABOR CAT

Walikota Riza Falepi didampigi Kepala BKD Ruslayetti, saat memotivasi peserta ujian CPNSD Payakumbuh 2014, sebelum ujian dimulai, di ruang labor CAT Kanreg XII Pekanbaru, Rabu.
Berita Terkait:

Hari pertama pelaksanaan ujian CPNSD Kota Payakumbuh 2014, yang berlangsung di ruang labor CAT Kantor Regional (Kanreg)  XII BKN Pekanbaru, berjalan aman, tertib  dan lancar,  Rabu (22/10). Hanya saja, ujian sesi pertama,  pukul 08.00-09.30 WIB direncanakan melibatkan  102 peserta, diikuti  96 peserta. Enam peserta lainnya absen masuk ruang labor CAT, hingga  jam ujian dimulai.  

 

Pada sesi kedua, pukul 10.00-11.30 WIB, juga tercatat 8 peserta yang tak masuk ruang kelas ujian.  Sehingga, di hari pertama   itu,  total peserta yang absen ujian berjumlah 14 peserta dari  510 peserta yang  seharusnya ikut ujian. Peserta  dibagi dalam lima  sesi,  hingga pukul 17.00 WIB. Ujian CPNS itu akan berakhir 1 November 2014, dengan total 5.014 peserta, memperebutkan 51 formasi yang tersedia.

 

 

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Kepala Kanreg  XII BKN Pekanbaru, Ibtri Rejeki, Kepala BKD Payakumbuh Hj. Ruslayetti, Asisten I Setdako Yoherman dan Kabag Hukum Prima Yanuarita serta Kabag Humas Jhon Kenedi, ikut menyaksikan  pelaksanaan ujian CPNS itu dari ruang khusus yang dapat diakses lewat TV monitor yang disediakan Kanreg BKN.

 

Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, Ibtri Rejeki bersama Kabag Umum Kanreg, Watin, menjelaskan sistem ujian CAT yang dilakukan BKN dua tahun terakhir ini,  dalam penerimaan CPNS.  Menurutnya, ujian lewat sistem CAT akan mendapatkan  CPNS yang punya kemampuan akademis berkualitas.

 

Walikota Riza Falepi, dari ruang monitoring khusus, menyampaikan apresiasinya kepada BKN dalam menyediakan fasilitas dan aplikasi CAT dimaksud. Ujian sistem CAT, menurutnya,  bakal membuat kepala daerah tak panik lagi, karena desakan banyak pihak, untuk meluluskan saudaranya masuk CPNSD.  Penerimaan CPNS karena koneksi atau sistem pawang, ditegaskan walikota, berdampak buruk terhadap kualitas CPNS.

 

Karena, untuk diterima menjadi CPNS tak ada orang lain dapat menolong, kecuali dirinya sendiri.  Jika nilainya baik, memenuhi passing garade yang ditentukan, peluang untuk lulus sangat terbuka. Tapi, kalau nilainya jeblok, yang bersangkutan langsung gugur, dan diketahui publik secara luas, begitu peserta keluar dari ruang ujian” ucap Riza.

 

Ujian yang dilakukan di Kanreg XII Pekanbaru itu, dinilai walikota sangat jujur dan dapat dipertanggungjawabkan. Publik yang ingin melihat nilai yang diperoleh peserta ujian dapat menyaksikan di layar kaca yang dipasang di teras bagian luar Kanreg XII Pekanbaru.

 

Selama ujian berlangsung, selama 1,5 jam, publik dapat melihat nilai seseorang  silih berganti. Kalau jawaban peserta lebih tepat dan benar, angka-angkanya langsung berubah. “Saya senang melihatnya bersama sejumlah orang tua peserta di teras Kanreg,”katanya.

 

Selain memonitor, menjelang ujian dilaksanakan, walikota juga memotivasi peserta untuk hati-hati membaca soal yang diberikan panselnas CPNS. “Soalnya cukup mudah, hanya jawabannya yang lumayan sulit,” kata walikota bercanda.

 

Keterangan Kepala BKD Payakumbuh, Ruslayetti,  dalam rekruitmen CPNSD tahun ini, peserta d1suguhi 100 soal pada komputernya. Soal-soal itu dibagi dalam tiga kelompok, yaitu tes  wawasan kebangsaan  (TWK),  dengan passing grade minimal 70, kemudian tes intelegensi umum  (TIU) dengan passing grade minimal 75 dan tes karakteristik  pribadi  (TKP) dengan passing grade 126.  “Apabila seorang peserta, jika akumulasi nilainya tinggi, namun gagal memenuhi salah satu  passing grade TWK/TIU/TKP, otomatis yang bersangkutan gugur,” jelasnya.

 

Peserta yang mampu memenuhi  passing grade ketiga kelompok ujian, pada setiap sesi ujian selama sepuluh hari itu, bisa jadi mencapai ratusan atau ribuan orang. Tapi, untuk  penentuan kelulusannya akan ditentukan oleh sistem CAT itu sendiri. Karena, durasi  jawaban peserta juga bagian dari penilaian. “Tak ada campur tangan kepala daerah atau pejabat pemko dalam menentukan kelulusan. Semuanya, sudah terprogram oleh sistem,” tegas Kepala Kanreg XII Ibtri Rejeki dan Kepala BKD Ruslayetti.

 

KOMENTAR ANDA

Silahkan tuliskan komentar Anda pada form dibawah.

  1. G_H berkomentar:

    Pagi itu Bapak Walikota datang, saya merasa terhormat dan beruntung mendapat jadwal ujian perdana.
    Semakin semangat rasanya ketika Bapak Walikota berkata “Selamat ujian, semoga lulus”, kami para peserta langsung berucap “Aamiin”.
    Terimakasih supportnya pak.. :)

  2. runni berkomentar:

    Selamat ujian, semoga sukses…. http://goo.gl/x0jIKd

  3. suci handani berkomentar:

    boleh info nya pak…passing grade yang tertinggi sampai hari i ni udah berapa ya ?mohon info nya

    • DO'4 berkomentar:

      Terakhir yg saya lihat 377. Tapi ada teman yg bilang bahwa ada yg nilainya mencapai 410.

  4. Elsa Permata Sari berkomentar:

    Pak…pengumuman yang lulus tes nya kapan pak? dan apakah masih ada tahapan tes selanjutnya?
    mohon infonya pak, dan terima kasih sebelumnya pak…..

  5. yati berkomentar:

    kira-kira kapan bisa tau lulus atau tidaknya dr tes kmren pak? .

  6. Oki berkomentar:

    Bapak… saya mau bertanya?
    bagaimana cara kita mengetahui berapa banyak teman- teman yang mengambil kualifikasi pendidikan yang sama dengan kita. karena penelompokannya hanya terlihat di jenjang pendidikan saja. dan berapa skor tertinggi untuk kualifikasi pendidikan DIII akuntansi?
    mohon infonya pak, terima kasih…

    • Suhedri Busli berkomentar:

      Assalaamu’alaikum…

      Kepada Saudara Oki, terima kasih atas atensi dan pertanyaanya. Sebelumnya kami mohon maaf karena kai sendiri tidak mengetahui hasil lengkapnya. Sebab semua hasil dari tes CAT waktu itu sepenuhnya berada pada panitia pusat.

      Demikian jawaban dari kami.

      Terima kasih.

      Wassalam.

      Admin.

  7. Oki berkomentar:

    Bapak… saya mau tanya.
    bagaimana cara kita mengetahui berapa banyak teman yang kualifikasi pendidikannya sama dengan kita? karena hasil tes dikeluarga berdasarkan jenjang pendididkan. sehingga kita tidak mengetahui peringkat kita.Dan berapa skor tertinggi untuk kualifikasi pendidikan DIII akuntansi pak?
    mohon infonya pak, terima kasih…

  8. rio jamaludin berkomentar:

    Saya sangat salut dengan pengadaan yes sistem CAT,,cepat,mudah dalam pengerjaan dan transparan.
    Tapi ada kelemahan,bukan pada sistem CAT nya,namun pada soal yang diberikan.artinya,kita tahu tiap komputer peserta soal tentu berbeda,jadi bukan hanya faktor intelegensi saja yang dituntut,tapi juga faktor “kebejan” alias keberuntungan.ada yang mungkin dapat soal yang mudah dipahami,namun ada yang susah dipahami atau bahkan saking sulitnya untuk dijawab asal saja tidak bisa.
    Mungkin untuk kedepanya sebagai masukan dan saran agar soal yang disajikan dibuat sama,sehingga peserta tidak kesulitan dalm mencari materi untuk dipelajari.
    Terimakasih

  9. Rhian Ardy berkomentar:

    Assalakualaikum wr.wb
    saya mau tanya Pak.
    saya salah satu peserta tes cpns yang ambil wilayah Payakumbuh pak. Pada saat ujian saya lulus Pasinggred, tapi saya tidak tau apakah saya lulus cpns atau tidak.
    Jadi untuk melihat hasil peserta yang di terima cpns kota payakumbuh itu dimana pak???

    Terima Kasih sebelumnya Pak

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: diskominfopyk@gmail.com