Komit Laksanakan E-GOV, Riza Larang Minta Tolong | Payakumbuh Kota

Komit Laksanakan E-GOV, Riza Larang Minta Tolong

Komit Laksanakan E-GOV, Riza Larang Minta Tolong
Berita Terkait:

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, kembali menyatakan kesungguhannya menerapkan e-Government di kota Payakumbuh dan meminta seluruh jajaran Pemko beserta masyarakat Payakumbuh memiliki komitmen yang sama. Tekad ini ditekankannya pada Kamis (29/9) di ruang kerjanya, kantor Balaikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik.

Menurutnya, meski sudah mulai diterapkan dalam beberapa tahun ini, e-Gov di kota Payakumbuh masih memerlukan banyak perbaikan. Tujuan e-Gov mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien belum sepenuhnya terlaksana. Untuk itu, kata Riza, Pemko dan masyarakat harus memperbaharui komitmen penerapan e-Gov dengan mengubah pola pikir tradisional seperti budaya ‘minta tolong’.

“Kita sudah pake e-procurement LPSE, lelang pekerjaan sudah diatur sistem, berbasis elektronik semua. Ikuti saja semua prosedur. Jangan sampai ada kata-kata minta tolong”, Jelas Riza.

Penerapan e-Gov di kota Payakumbuh akan mengadopsi  sistem e-Gov Pemerintah Kota Surabaya. Hal ini sudah disepakati dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama tentang Implementasi E-Government Pemerintah Kota Surabaya dan Pelayanan Perizinan Terpadu Berbasis Eletronik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di Surabaya, kemarin, Rabu (28/9).

Pada kesempatan itu, 39 kepala daerah lainnya yang tersebar dalam 5 propinsi juga turut menandatangani kesepakatan tersebut. Penandatangan disaksikan langsung oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dan Gubernur lima propinsi (Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Jawa Tengah).

Menurut Riza, penerapan e-Gov di Surabaya sudah menunjukkan hasil nyata untuk efisiensi dan mengurangi celah korupsi. “Sistem e-Gov Surabaya akan kita ikuti secara bertahap. Mengingat keterbatasan anggaran. Kalau Surabaya, Bandung anggarannya banyak. Makanya yang paling penting hilangkan pola pikir lama itu, secara berangsur kita wujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien melalui e-Gov”, tutup Riza.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id