Walikota Pimpin Apel Besar Ke-Bhinnekaan Cinta Damai | Payakumbuh Kota

Walikota Pimpin Apel Besar Ke-Bhinnekaan Cinta Damai

7. PENANDATANGAN KESEPAKATAN BERSAMA AKAN MENJAGA  KEBHINEKAAN YG CINTA DAMAI
Berita Terkait:

Walikota Payakumbuh diwakili Sekdako Benni Warlis memimpin Apel Besar Kebhinnekaan Cinta Damai yang berlangsung di halaman Kantor Walikota baru/ Ex Lapangan Poliko Selasa (21/11). Gelar kegiatan ini ditandai dengan pembacaan Deklarasi Kebhinnekaan Cinta Damai oleh Ketua MUI Kota Payakumbuh.

Apel Besar tersebut selain diikuti Ratusan peserta yang terdiri dari Unsur Pemerintah, TNI, Polri, Ormas, LSM, pelajar, tokoh masyarakat dan dihadiri Kapolresta Payakumbuh AKBP Kuswoto, Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf. Hasbullah, S.Ag,  Ketua Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Asisten I, II, III, Staf Ahli Walikota, pimpinan SKPD, Camat dan segenap Pejabat TNI/Polri serta undangan lainnya.

Sekdako Benni Warlis dalam amanatnya mengatakan kita sadari bersama bahwa saat ini banyak kejadian-kejadian yang ingin memecah belah Persatuan dan Kesatuan Bangsa, jangan sampai kita terprovokasi oleh pihk-pihak yang tidak bertanggung jawaab, itu semua merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara sesuai profesi masing-masing baik Aparat Pemerintah, TNI, POLRI, maupun elemen masyarakat lainnya, ujar Sekda.

Lebih jauh diharapkan pada peserta Apel Besar khususnya dan wargakKota umumnya untuk membangun negara Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa dan untuk mencapai itu semua kita mempunyai Empat Pilar Kebangsaan, artinya ada empat tiang penyangga yang sama-sama kuat, untuk menjaga keutuhan berkehidupan kebangsaan Indonesia yaitu : 1. Pancasila 2. Bhinneka Tunggal Ika 3. UUD 1945 4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terakhir Sekdako Benni Warlis juga mengharapkan pada seluruh peserta apel untuk dapat menjaga keutuhan dan kesadaran berbagsa, bernegara yang telah diwariskan oleh para pejuang hingga titik darah penghabisan, pungkasnya.

Sementara itu Kapolresta Payakumbuh AKBP Kuswoto, menyebutkan kegiatan apel besar ini dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi se Indonesia dan untuk Sumatera Barat dilaksanakan serentak pada hari ini di setiap kabupaten dan kota. Sedangkan makna atau tujuannya untuk merajut Kebhinnekaan yang menyatu dalam Empat Pilar, ujar Kapolres.

Kapolres juga mengajak seluruh peserta apel, mari bersama-sama menciptakan kantibmas di Payakumbuh yang kondusif, aman, tenteram agar pembangunan di daerah ini berjalan dengan baik, pungkas Kuswoto.

Senada dengan itu Dandim 0306/50 Kota di Wakili Kasdim Mayor Inf.Hasbullah, S.Ag menyebutkan sebagai aparat keamanan  harus bisa dan mampu memberikan rasa aman, nyaman pada masyarakat, kalau ada gangguan sekecil apapun harus cepat ditangani, pintanya.

Selain itu diingatkan Hasbullah jangan mudah terpancing isu, termasuk di media sosial seperti mengadu domba satu sama lain termasuk TNI dan Polri. Maka oleh karena itu mari bersama-sama menjaga kekompakan, kebersamaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan demi NKRI yang kokoh, simpulnya.

Tema yang diangkat pada Apel kali ini yaitu ‘ Hikmah Hari Pahlawan Ke-71 Tahun 2016 Kita Tingkat Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI’ Yang Kokoh “.

Apel dimaksud berlangsung khidmat dan lancar diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan bersama yang diawali oleh Sekda Benni Warlis dilanjutkan oleh Forkopimda dan Ketua MUI , H.Mismardi,  dan dari kalangan Ormas lainnya.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id