Jelang HUT Kota Ke 46, DPRD Payakumbuh Sahkan 9 PERDA | Payakumbuh Kota

Jelang HUT Kota Ke 46, DPRD Payakumbuh Sahkan 9 PERDA

Jelang HUT Kota Ke 46, DPRD Payakumbuh Sahkan 9 PERDA
Berita Terkait:
Kado terindah diberikan DPRD buat Kota Payakumbuh yang akan merayakan HUT-nya ke-46. Sembilan Ranperda yang disahkan DPRD menjadi Perda dalam rapat paripurna di gedung dewan setempat, Sabtu (10/12), 3 Perda di antaranya adalah inisiatif DPRD. Anggota legislatif periode 2014-2019 ini, telah membuktikan kepada warga kota, bahwa mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam membangun kota ini.

Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur saat memberi sambutan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD H. YB. Dt. Parmato Alam itu, memberikan apresiasi yang tinggi atas penetapan tiga Ranperda Inisiatif DPRD menjadi Perda. ?DPRD periode 2014-2019 telah membuat catatan sejarah bagi kota Payakumbuh yang akan memperingati hari jadinya ke-46,? sebut walikota.

Ketiga Perda inisiatif DPRD itu adalah Perda  Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Fasilitas Umum, Perda  Tentang Pemberdayaan Pelestarian Adat Nagori dan Ranperda Tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan. Ketiga Perda itu, saat disosialisasikan kepada warga kota di lima kecamatan, dikatakan Ketua DPRD Yb. Dt. Parmato Alam, mendapat dukungan masyarakat, karena berbasis historis dan kearifan lokal.

Sementara, 6 Perda lainnya yang disahkan DPRD adalah ranperda dari sejumlah SKPD, untuk peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Pengesahan kesembilan ranperda itu, disampaikan Hendiwanto, S. Sos, juru bicara DPRD dalam rapat paripurna itu, sudah melewati proses panjang sejak Agustus lalu, termasuk dengan melakukan konsultasi ke kementerian terkait.

Keenam Perda lainnya yang ditetapkan DPRD, masing-masing Perda Tentang Pencegahan, Pengendalian, dan Penanggulangan Rabies, Perda Tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Usaha, Perda Tentang Perubahan Atas Perda Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Pengujian Kendaraan Bermotor, Perda Tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Payakumbuh Tahun 2016-2036, Perda tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, Perda tentang Pembentukan Kelurahan Padangdata Tanah Mati.

DPRD lewat juru bicaranya, Hendriwanto, mengingatkan pemko, untuk menindaklanjuti pendapat setiap fraksi yang disampaikan dalam pengesahan ranperda dimaksud.  Perda yang diproduksi DPRD ini, katanya, akan berjalan sebagaimana mestinya, jika dososialisasikan lebih gencar kepada masyarakat.  Menurutnya,  perda tersebut sudah memenuhi aspek yuridis, filosofi dan sosiologi serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, norma agama, norma adat dan budaya di Kota Payakumbuh.

Setelah ditandatangani Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Wakil Ketua DPRD H. Suparman dan H. Wilman Singkuan serta Walikota Payakumbuh Priadi Syukur, untuk selanjutnya Perda dimaksud akan dikirim ke pemprov, guna mendapatkan rekomendasi Gubernur Sumbar.

Rapat paripurna di hari libur Sabtu itu, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD H. Suparman, seluruh anggota DPRD, anggota Forkopimda,  Sekdako Payakumbuh diwakili Asisten II H. Amriul, Asisten III H. Iqbal Bermawi, pimpinan SKPD, ormas, LSM dan undangan lainnya.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id