Banjir Besar di Pangkalan, Payakumbuh Tanggap Memberi Bantuan | Payakumbuh Kota

Banjir Besar di Pangkalan, Payakumbuh Tanggap Memberi Bantuan

Banjir Besar di Pangkalan, Payakumbuh Tanggap Memberi Bantuan
Berita Terkait:

Pagi kelam di wilayah Pangkalan, kabupaten Limapuluh kota dengan intensitas hujan yang sangat tinggi, hal ini menimbulkan sungai pangkalan meluap dan membanjiri perumahan warga sekitarnya sampai ke ukuran dada orang dewasa, Jum’at (03/03).

Menyikapi informasi demikian, Walikota Payakumbuh melalui Sekretaris Daerah, Ir Benni Warlis, MM tanggap menginstruksikan BPBD Payakumbuh dan Dinas Sosial segera berangkat ke lokasi untuk berkoordinasi dengan Pemkab Limapuluh kota dalam memberikan bantuan pada masyarakat yang tertimpa musibah.

Dengan spontan berlandaskan semangat luhak nan bungsu, para pimpinan OPD se-Payakumbuh turut berpartisipasj langsung memberi bantuan materil yang selanjutnya diantar ke korban bencana alam dengan mobil pick up berupa sembako bahan makanan pokok, keesokan harinya Sabtu (04/03).

RSUD Adnaan WD, Puskesmas telah mensiagakan armada 5 unit ambulance langsung ke lokasi untuk membantu evakuasi korban longsor dan jalan terban yang terjadi di 9 titik sepanjang jalan Payakumbuh – Pangkalan. Sampai dengan siang hari Sabtu, (04/03) korban longsor yang telah di evakuasi sejumlah 7 orang dan 5 orang diantaranya telah tewas saat dibawa ke ruang jenazah RSUD Adnaan WD Payakumbuh.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno turun langsung memantau ke lokasi bencana di Pangkalan, didampingi Asisten, OPD Propinsi dan unsur media, serta Setdako Payakumbuh, Benni Warlis, Sabtu (04/03 sore). Beliau menyampaikan keprihatinanya, dihimbau agar masyarakat yang terkena bencana ini bisa tetap sabar dan tawakal. Pemprop akan menyalurkan bantuan bagi warga yang terkena musibah segera.

Hasil pantauan lokasi pada sore hari tersebut, banjir sudah surut, para warga yang terkena musibah sedang menjemur semua peralatan rumah tangga yang terkena luapan sungai di halaman rumahnya. Warga diminta untuk tetap menjaga kebersihan pasca bencana dan berpola hidup sehat, jika ada keluhan kesehatan segera berobat ke posko fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, demikian pesan Merry Yuliesday, Kadis Kesehatan Prop Sumbar yang juga ikut dalam pemantauan bersama Gubernur.

Sepanjang jalan Payakumbuh – Pangkalan, akses jalan yang longsor sudah terbuka dan bisa dilewati, namun dari hasil pemantauan, pada 9 titik masih sangat rawan untuk bisa terjadi longsor susulan jika curah hujan di wilayah ini masih sangat tinggi. Diharapkan kepada warga yang mobilitas payakumbuh – pangkalan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan jika melewati rute tersebut, pungkas Elvi Jaya, Kadis Kominfo Payakumbuh yang juga ikut ke lokasi bersama rombongan.

Di Payakumbuh, efek tingginya curah hujan juga terjadi pada area persawahan di Tanjung Anau. Meningkatnya volume air menimbulkan genangan air yang cukup besar dan menenggelamkan sawah di lokasi tersebut. Setdako Payakumbuh, Beni Warlis menyiapkan posko pantauan dilokasi dan juga sebagai sarana koordinasi untuk langkah antisipasi.

Semoga saja, bencana banjir di daerah Limapuluh kota bisa segera usai, dan masyarakatnya dapat beraktifitas seperti sediakala, mari kita sama-sama berdoa pada Allah subhanahuwataala, demikian harap Beni Warlis.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id