Tim Penilai LDS Provinsi Nilai MDTA Baitussalam Kapalo Koto Dibalai | Payakumbuh Kota

Tim Penilai LDS Provinsi Nilai MDTA Baitussalam Kapalo Koto Dibalai

TIM PENILAI LDS PROPINSI NILAI MDTA BAITUSSALAM KAPALO KOTO DIBALAI
Berita Terkait:

Tim penilai Lembaga Didikan Subuh (LDS) tingkat Propinsi Sumatera Barat melakukan penilaian ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Masjid Baitussalam Koto Baru Balai Janggo, kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Payakumbuh Utara, Ahad (12/3) pagi, dalam rangka lomba LDS tergiat tahun 2017.

Acara yang didahului shalat Shubuh berjamaah, dihadiri Walikota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah Benni Warlis, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam bersama anggota Dt. Muntiko Alam, Kepala Bagian Kesra Ipendi, dan Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi.

Kemudian juga dihadiri oleh Kasi Kesos Wirman, Lurah Kapalo Koto Dibalai Rendi Pratama, Yusral Fuadi dari Kemenag dan juga Ketua LDS kota Payakumbuh, Pimpinan MDTA Masjid Baitussalam Zainul, tokoh masyarakat, niniak mamak, bundo kanduang, orang tua santri dan undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Benni Warlis dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembinaan iman dan taqwa merupakan bahagian visi dan misi kota Payakumbuh. Program ini didukung dengan anggaran yang cukup besar dan dilaksanakan secara bersama antara pemerintah daerah, DPRD, masyarakat serta dukungan dari Kementerian Agama. Didikan Shubuh salah satu dari sekian banyak program peningkatan iman dan takwa selain kegiatan lainnya seperti program tahfiz, pelatihan khatib, pesantren Ramadhan, Shubuh berjamaah, dan sebagainya.

“Peningkatan iman dan taqwa salah satu program pembangunan yang penganggarannya cukup besar, serta dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh pihak, baik itu pemerintah daerah, DPRD, masyarakat serta dukungan kementerian agama,” ungkap Sekdako Benni Warlis.

Sehubungan dengan penilaian LDS tergiat 2017 kali ini, Benni Warlis memberikan apresiasi yang tinggi kepada tim penilai dan mengharapkan MDTA Masjid Baitussalam yang mewakili kota Payakumbuh dapat  menjadi yang terbaik.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi pada tim penilai dan berharap MDTA Masjid Baitussalam yang  mewakili Payakumbuh untuk tahun 2017 dapat menjadi yang terbaik”, harap Sekdako Benni Warlis di depan tim penilai dan seluruh jamaah yang hadir di Subuh itu.

Sementara itu tim penilai LDS tergiat 2017 yang dipimpin oleh H. Yulius Said, yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia propinsi Sumatera Barat membawa rombongan yang beranggotakan Dr. H. Mukhlis Bahar dari IAIN Imam Bonjol, Drs Yusran Lubis M.Pd dari Kanwil Kemenag Propinsi Sumbar, Kepala Bagian Agama Biro Bintal dan  Kesra Propinsi Sumbar, Karimis, serta Yuniar dan Firdaus.

Setelah menyaksikan penampilan para santri tiim penilai menyampaikan sejumlah evaluasi yang disampaikan oleh Mukhlis Bahar. Secara umum penampilan anak-anak MDTA Masjid Baitussalam sangat baik, dimana tema yang diangkat adalah mencintai Al Quran. Dari seluruh materi yang diketengahkan cukup baik mulai dari pembawa acara, Tartil Quran, Tahfiz, pembacaan hadist, kultum, shalat jenazah.

“Penampilan anak-anak MDTA Masjid Baitussalam secara keseluruhan sangat baik dimana tema yang diangkat adalah mencintai Al Quran”, ujar Mukhlis Bahar.

Mukhlis Bahar menambahkan disamping penguasaan materi oleh santri, penilaian juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti partisipasi dari pemerintah daerah, DPRD, Kemenag, masyarakat dan tertib administrasi TPA itu sendiri.

Sebagaimana yang diinformasikan oleh Kabag Agama Biro Bintal dan Kesra Propinsi Sumbar, Karimis, bahwa program ini adalah salah satu program pembangunan unggulan pemerintah propinsi.

“Pemerintah propinsi sangat mendukung program LDS tergiat ini dan berharap dapat memotifasi seluruh TPA dalam membentuk karakter berakhlak mulia sedari dini”, jelas Karimis.

Untuk tahun 2017 ada 11 (sebelas) LDS yang lolos ke tingkat propinsi, selain LDS Masjid Baitussalam masih ada beberapa LDS lagi, di antaranya dari Kabupaten Solok Selatan, Pasaman, Dharmasraya, Kota Padang, Agam, Kabupaten Solok, Tanah Datar dan Kota Padangpanjang.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id