Ibarat Urat Nadi Manusia, Walikota Ajak OPD Kelola Arsip Secara Profesional | Payakumbuh Kota

Ibarat Urat Nadi Manusia, Walikota Ajak OPD Kelola Arsip Secara Profesional

IBARAT URAT NADI MANUSIA
Berita Terkait:

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petugas pengelola arsip pada setiap organisasi perangkat daerah (OPD), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan sosialisasi  dan penyuluhan kearsipan di Bakinco Resto, kelurahan Koto Tangah Kec. Payakumbuh Barat, Selasa (16/5).

Agenda yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini dihadiri oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Besri Rahmat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Zulinda Kamal, OPD, staf pengelola arsip, dan undangan lainnya.

Dalam sambutan walikota yang disampaikan Asisten III menyampaikan bahwa kearsipan memiliki peranan yang sangat penting dalam organisasi, ibarat urat nadi manusia yang kebutuhannya sangat penting ketika aliran darah tidak lancar dan mengganggu kesehatan.

“Arsip memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan organisasi, baik untuk perencanaan, pelaksanaan, pengambilan keputusan dan pertanggung jawaban kegiatan organisasi. Peranan kearsipan dalam organisasi baik pemerintah maupun swasta, ibarat urat nadi pada tubuh manusia yang kebutuhannya sangat dirasakan ketika aliran darah itu tidak lancar dan mengganggu kesehatan.

Tidak ada kegiatan organisasi yang tidak menghasilkan arsip dan tidak ada organisasi yang tidak memerlukan arsip. Oleh karena itu, arsip harus diselamatkan dan dikelola secara profesional sesuai dengan kaidah dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku”, terang Iqbal.

Diakhir sambutannya, Iqbal berharap melalui kegiatan sosialisasi tersebut mampu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pengelolaan kearsipan di masing-masing OPD.

“Melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang kearsipan diharapkan bisa meningkatkan SDM pengelolaan kearsipan di masing-masing OPD agar pengelolaannya dapat berjalan sesuai dengan ketentuan arsip nasional Republik Indonesia”, pungkas Asisten III mengakhiri.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Zulinda Kamal mengiformasikan bahwa pelatihan ini berlangsung selama 4 (empat) hari hingga 19 Mei mendatang.

“Pelatihan ini berlangsung selama 4 hari hingga 19 Mei mendatang dengan narasumber dari Besri Rahmat dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sendiri”, tukuk Zulinda Kamal.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id