Jerit Histeris Siswa MTsN 1 Sambut Kunjungan Tim Penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017 | Payakumbuh Kota

Jerit Histeris Siswa MTsN 1 Sambut Kunjungan Tim Penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017

JERIT HISTERIS SISWA
Berita Terkait:

Begitu serine itu berbunyi, ratusan siswa terlihat berlarian menuju halaman sekolah. Ada beberapa siswa yang berteriak histeris dan pingsan. Puluhan guru yang juga terlihat cemas, berusaha menenangkan siswa dan memandu mereka untuk berkumpul di halaman.

Di halaman sekolah yang cukup luas dan asri itu, siswa yang pingsan segera ditangani oleh siswa yang lainnya untuk mendapatkan pertolongan pertama. Itulah simulasi gempa dan penanganan siswa yang pingsan, yang diikuti oleh seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Payakumbuh sewaktu menyambut kunjungan lapangan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017, Selasa (16/5) siang.

Dalam simulasi yang berlangsung sekitar sepuluh menit itu, para siswa memperagakan keterampilan mereka di hadapan rombongan Tim Penilai dalam memberikan pertolongan pertama pada korban bencana gempa.

Usai menyaksikan simulasi gempa tersebut, Tim Penilai yang dipimpin oleh Direktur Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Pusat Dr. Muchlis Catio, beserta rombongan yang terdiri dari perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Surip, Alex Firngadi dan Sri Wilujeng, perwakilan dari Kementerian Kesehatan yaitu dr. Erni Risvayanti, dan Budiman Sitepu, dan perwakilan dari Kementerian Agama Pusat yaitu Zulkifli, dan Nurrahmah Ariani, melakukan peninjauan terhadap kegiatan UKS yang telah berjalan di MTsN 1 Kota Payakumbuh.

Peninjauan kegiatan UKS oleh Tim Penilai tersebut didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh, Amriul Staf Ahli Walikota Ruslayeti, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Asra Faber, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman, Perwakilan Biro Kesra Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh dan Kepala Sekolah MTsN 1 Kota Payakumbuh.

Beberapa objek UKS yang menjadi pantauan Tim Penilai diantaranya K3 dan K5, WC, ventilasi, pengolahan sampah, roil, pengering air, biopori dan pohon pelindung.

Sebelum peninjauan lapangan, tim mendengarkan ekspos penilaian sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017, di Aula Balai Kota Payakumbuh, dimana Asisten II Amriul dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai dan memberikan apresiasi atas prestasi yang telah dicapai oleh MTsN 1 Kota Payakumbuh dalam mengelola UKS sehingga berkempatan membawa nama Payakumbuh mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk meraih prestasi Sekolah Sehat Tingkat Nasional pada tahun 2017 ini.

Sementara itu, tim penilai perwakilan dari Kemeterian Agama Pusat, Zulkifli menginformasikan bahwa penilaian UKS ini terbagi menjadi tiga tahap diikuti oleh empat kementerian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama. Penilain tahap I sebanyak 7 provinsi, tahap II 9 provinsi dan tahap III 9 provinsi. Kota Payakumbuh termasuk dalam penilaian tahap III. Dan MTsN 1 Kota Payakumbuh adalah 1 diantara 9 MTsN yang ikut nominasi sekolah sehat tingkat nasional tahun 2017 ini.

Selain berkunjung ke Kota Payakumbuh, Tim Penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017 juga melakukan penilaian UKS TK Aisyiah Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, UKS SDN 12 Kubang Barat Kota Sawahlunto dan UKS SMAN 1 Lintau Kabupaten Tanah Datar.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: diskominfopyk@gmail.com