Yunida Fatwa : ‘Gesit’ Upaya Mencapai Target Nasional | Payakumbuh Kota

Yunida Fatwa : ‘Gesit’ Upaya Mencapai Target Nasional

yunida fatwa
Berita Terkait:

Data kependudukan dan Catatan Sipil pusat, mengindikasikan bahwa di Kota Payakumbuh, masih terdapat 12.000 penduduk berusia 0 – 18 tahun yang belum memiliki akta kelahiran. Selain masih adanya penduduk Kota Payakumbuh yang belum melakukan perekaman KTP (Kartu tanda Penduduk) elektronik /KTP-e.

“Angka inilah yang saat ini sedang kita kejar untuk dituntaskan, melalui berbagai program kerjasama dengan berbagai pihak. Inovasi ini kita namai dengan ‘Gesit’, kependekan dari Gerakan Sinergi Terpadu. Di dalamnya, selain ada Kecamatan, Kelurahan, juga bersinergi antara Disdukcapil Kota Payakumbuh dengan Kader Posyandu di Kelurahan, Sekolah-sekolah, maupun klinik-klinik bersalin,” ungkap Yunida Fatwa, Kadisdukcapil Kota Payakumbuh, berkaitan dengan masih banyaknya persoalan Akte Kelahiran dan perekaman KTP-e, saat ditemui di kantornya, Rabu (05/07-2017) sore.

Yunida menerangkan, meski RPJM Nasional menargetkan persoalan Akte Kelahiran ini harus dituntaskan pada tahun 2019, namun Presiden Jokowi berpesan, target 100 % harus diselesaikan sebelum masa jabatannya berakhir. “Kondisi sampai akhir Desember 2016, kita baru mencapai 69 %. Untuk tahun 2017 kita menargetkan tuntas 85 %. Untuk itu kita harapkan semua pihak, khususnya yang tergabung dalam Tim Gesit, dapat bekerja lebih maksimal,” harap Yunida.

“Jika Tim ini bisa bekerja maksimal,” kata Yunida,”kita optimis persoalan Akte Kelahiran ini bisa dituntaskan. Berdasarkan data kegiatan Tim, dari Januari – Juni 2017 kita telah berhasil meng-entry manual 6.000 Akte Kelahiran yang tidak tercatat di pusat, sekaligus mencari by name by adress penduduk usia 0 – 18 tahun yang belum memiliki akte kelahiran untuk mengurusnya,” terang Yunida.

Rakornas Disdukcapil di Gorontalo mengamanatkan, selain tuntasnya persoalan Akte Kelahiran, juga perekaman KTP-e masing-masing daerah harus selesai 100 %, di akhir Oktober 2017. “Saat ini, Kota payakumbuh, untuk perekaman KTP-e, akhir Juni 2017 telah mencapai angka 97, 8 %. Kita optimis, angka 100 % di akhir Oktober 2017 nanti bisa kita capai,” ujar Yunida mengakhiri.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id