Pelatihan SKKNI Dibuka Walikota Payakumbuh | Payakumbuh Kota

Pelatihan SKKNI Dibuka Walikota Payakumbuh

Pelatihan SKKNI
Berita Terkait:

Pelatihan ini penting artinya dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK), khususnya bagi calon tenaga kerja lulusan jurusan jaringan komputer, multimedia, web programming, desain grafis practical office dan technical support.

“Ini sejalan dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebagai satu rumusan kemampuan para tenaga kerja,” ujar Walikota Payakumbuh, diwakili Asisten Sumber Daya manusia, Dafrul Pasi, saat membuka Pelatihan dan Pengembangan Program SDM Bidang TIK, di Hotel Mangkuto Payakumbuh, Rabu (23/08-2017).

Pelatihan yang akan berlangsung sampai 26 Agustus 2017 mendatang itu, menampilkan narasumber Prof. DR. Henri Subiakto, SH. MA (Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum) dengan bahasan “Meningkatkan Daya saing SDM TIK Pada Era MEA”, Drs. Irbar Samekto, M.Si (Kepala BBPPKI Medan) dengan judul bahasan “Peranan SKKNI Menuju Kualitas Hidup yang Lebih Baik”, dan Vicktor Trinathe (Direktur LSP Telematika) dengan pokok bahasan “Pengenalan:Skema Sertifikasi & SKKNI”.

Dafrul menambahkan, era kemajuan yang ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menuntut meningkatnya pula kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) angkatan muda yang handal dan siap pakai, baik yang akan berkiprah di instnasi pemerintahan maupun swasta.

“Atas nama Pemko Payakumbuh,” kata Dafrul,”kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnys Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI dan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan yang telah memilih dan menetapkan Payakumbuh sebagai satu daerah tempat diselenggarakannya pelatihan ini,” lanjutnya.

Kepala BBPPKI Medan, Ibrar Samekto, dalam laporannya mengatakan, peserta pelatihan adalah hasil seleksi dari tiga daerah, yakni Kota payakumbuh, Kabupaten 50 Kota dan Tanah Datar, lebih kurang 72 orang.

“Pelatihan ini dimaksudkan, sebagai satu upaya mewujudkan nawa cita, yakni peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia, dalam kerangka NKRI. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi informasi,” ungkap Ibrar.

Kegiatan yang ditaja Kementerian Kominfo RI bersama BBPPTKI Medan, Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, juga tampak dihadiri Sekretaris Kominfo Kota Payakumbuh Deldi Anggoro, SH, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Refnisa, Sekretaris DKK Kota Payakumbuh Desmon Corina, perwakilan dari PD (Perangkat Daerah) Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh Gusriwal, pihak STTP (Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh) dan undangan lainnya.-

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: diskominfopyk@gmail.com