TINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD, PEMKO PAYAKUMBUH GELAR DIKLAT BERJENJANG | Payakumbuh Kota

TINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD, PEMKO PAYAKUMBUH GELAR DIKLAT BERJENJANG

2.-Ketua-Himpaudi-kota-Payakumbuh-Hj.-Henny-berikan-sambutan-dalam-kegiatan-diklat-berjenjang-pendidik-PAUD-se-Payakumbuh
Berita Terkait:

Dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan khususnya bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan berkolaborasi dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI)  menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) berjenjang pendidik PAUD di Aula Lantai 3 Balaikota Payakumbuh, di Bukik Sibaluik,  Selasa (7/11).

Program yang baru pertama kali digelar tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili kepala Dinas Pendidikan,  AH. Agustion. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua HIMPAUDI,  Kabid Henny Yusnita, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Dasril, guru-guru PAUD, pengurus Himpaudi, hadirin dan undangan lainnya.

Kadis Pendidikan AH. Agustion, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Karena diklat ini merupakan salah satu cara peningkatan kemampuan guru PAUD.

“PAUD merupakan gerbang awal untuk menciptakan generasi emas. Keberhasilan PAUD tentu tidak terlepas dari tenaga pendidiknya. Kondisi di lapangan khusus di Payakumbuh, bahwa tenaga pendidik atau guru PAUD berasal terutama dari jalur non formal, dan variasi yang beragam secara kualifikasi maupun kompetensi.

Saat ini guru PAUD di Payakumbuh didominasi bukan dari Sarjana Strata 1 Pendidikan PAUD dan dari berbagai latar belakang pendidikan. Untuk itu melalui kegiatan inilah Pemko Payakumbuh berupaya unutk meningkatkan kompetensi para pendidik PAUD di daerah ini,” kata Agustion.

Sementara itu Ketua Himpaudi, Hj. Henny Yusnita bersyukur denganadanya kegiatan diklat berjenjang bagi tenaga pendidik PAUD.

“Kita patut bersyukur, dengan adanya diklat berjenjang pendidik PAUD yang diadakan Dinas Pendidikan ini akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di kota Payakumbuh. Sebagai tahap awal diklat ini adalah pemenuhan untuk kompetensi dasar bagi guru PAUD, “ puji Henny.

Diakhir sambutannya Henny, berharap diklat seperti ini harus berlanjut hingga tahap mahir sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan Nasional.

“Dan kami berharap, diklat berjenjang pendidik PAUD ini berlanjut hingga tingkat mahir. Dan hasilnya, walaupun para guru kami tidak bergelar sarjana, namun melalui diklat ini kualitas mereka sama dengan seorang sarjana,” harap Henny.    

Sementara itu, Kabid PTK Dasril melaporkan bahwa diklat berjenjang ini berlangsung selama 5 (lima) hari, 7-11 November 2017di SMK Wira Bhakti Jln. Imam Bonjol No 70 Payolansek, Payakumbuh Barat dan diikuti oleh 150 orang guru PAUD yang berasal dari 76 lembaga se Payakumbuh.

Narasumber dalam kegiatan tersebut berasal Kemendikbud RI, provinsi dan lokal, diantaranya DR. Nuhman, Kasi Perencanaan Kebutuhan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD DIKMAS) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Wirman Kasi Perencanaan Pendataan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Marlina, Universitas Negeri Padang (UNP), dan Kepala Balai Pengembangan PAUD DIKMAS Provinsi Sumatera Barat, Mashendri. Kemudian pemateri lokal berupa mentor-mentor terlatih dan berpengalaman asal kota Payakumbuh, diantaranya Syahrul, Ummi Kalsum, Misrayeti, Anidar, dan Husna.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: diskominfopyk@gmail.com