KELUARGA SEBAGAI AWAL HIDUP SEHAT | Payakumbuh Kota

KELUARGA SEBAGAI AWAL HIDUP SEHAT

3. Wawako bersama Forkopimda dan Forum Kota Sehat Payakumbuh foto bersama usai upacara peringatan HKN ke 53
Berita Terkait:

Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 di Kota Payakumbuh, dipusatkan di halaman kantor Dinas Kesehatan Payakumbuh, yang juga halaman Puskesmas Padang Karambia, Senin (13/11). Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) di hadapan Forkopimda, Forum Kota Sehat dan undangan lainnya dalam upacara peringatan HKN tersebut.

Dalam sambutannya, HKN ke 53 tahun 2017 ini mengangkat tema Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan Keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti Pembangunan Kesehatan sesuai dengan Undang-undang nomor 36 tahun 2009. Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, prilaku dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, kita perlu terus berupaya untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat mulai dari lingkungan keluarga,” kata Wawako.

Selain itu, dalam sambutannya, Menkes juga mengatakan, selain penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

“Melalui Pendekatan Keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” ujar Wawako lagi.

Disampaikan oleh Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman, peringatan HKN ke 53 di Kota Payakumbuh juga dijadikan sebagai momentum bagi seluruh unit kesehatan Kota Payakumbuh untuk terus mengerahkan seluruh potensi yang ada dalam usaha menyelesaikan persoalan-persoalan kesehatan yang dialami oleh masyarakat. “Kita akan terus mensosialisasikan tentang program hidup sehat yang dimulai dari lingkungan keluarga. Tepatnya, kita mengajak kepada masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan sebagai langkah awal dalam menjaga kesehatan. Apabila pola pikir ini telah dimiliki masyarakat, masalah-masalah kesehatan akan jauh berkurang,” ujar Elzadaswarman.

Selain itu, dalam upacara peringatan HKN tersebut, Dinkes Payakumbuh juga menandatangani MoU dengan dinas instansi lainnya. MoU itu berisi kesepakatan dan kerjasama dalam kampanye dan imunisasi Measles Rubella (MR) untuk kota Payakumbuh. Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh menggandengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Kementerian Agama Kota Payakumbuh, serta TP PKK Kota Payakumbuh.

Kemudian, untuk memeriahkan HKN ke 53 tahun 2017 ini, Dinkes Payakumbuh juga menggelar berbagai macam lomba dalam bidang kesehatan. Tercatat ada 26 jenis perlombaan yang digelar oleh Dinkes Payakumbuh dengan mengajak seluruh masyarakat Kota Payakumbuh.

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: diskominfopyk@gmail.com