DISKUSI TERFOKUS SIDa, KEJAR PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN TINGKATKAN DAYA SAING PRODUK PAYAKUMBUH | Payakumbuh Kota

DISKUSI TERFOKUS SIDa, KEJAR PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN TINGKATKAN DAYA SAING PRODUK PAYAKUMBUH

1. Kepala Bappeda Rida Ananda, didampingi dua akademisi James Helliward dan Uyung Gatos S. Dinata saat acara FGD tentang SIDa kota Payakumbuh
Berita Terkait:

 

Rencana pembangunan Payakumbuh untuk lima tahun mendatang adalah menargetkan pertumbuhan ekonominya bisa naik 1-2% melampaui rata-rata nasional. Target tersebut bisa saja dicapai dengan melakukan kebijakan yang penuh dengan inovasi yang cukup fundamental.

Dan inovasi tersebut memerlukan terobosan-terobosan baru dengan perencanaan yang matang dan analisa yang tepat dalam menciptakan produk unggulan. Untuk itu sangat diperlukan kolaborasi antara pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha, masyarakat, dan stakeholder lainnya dalam menumbuhkembangkan daya saing daerah.

Kesimpulan tersebut, terungkap saat dilakukannya acara Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi terfokus tentang Rencana Aksi Detail Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) kota Payakumbuh, yang berlangsung di Aula Lt. 2, Kantor Bappeda, Jalan Rky. Rasuna Said, Jumat (24/11).

FGD yang dibuka oleh Kepala Bappeda Rida Ananda tersebut, dipandu oleh James Helliward dari Universtas Andalas berlangsung dalam suasana informal dan santai. Hadir pula dalam FGD itu sejumlah pimpinan OPD, Camat, dan narasumber Uyung Gatot S.Dinata dari tim SIDa LPPM Universitas Andalas.

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Rida Ananda menyampaikan bahwa kegiatan FGD tentang SIDa ini adalah dalam rangka mendukung RPJMD serta visi misi kepala daerah dalam membangun daerah.

“Diskusi ini adalah dalam rangka mendukung RPJMD serta visi misi kepala daerah dan menjadi tolak ukur bagi Pemerintah Kota dalam membangun Payakumbuh ke depan, ” kata Rida Ananda.

Menurut Rida bahwasanya SIDa ini untuk provinsi Sumatera Barat, Payakumbuh adalah menjadi pilot project dimana keluarannya berupa adanya Sentra IKM yang berlokasi di Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diateh, yang saat ini pembangunannya tengah digarap Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

“Sentra IKM ini nantinya akan menciptakan produk-produk unggulan, yang mana muaranya menumbuhkan daya saing produk lokal terhadap produk daerah lain maupun industri besar.

Dengan hadirnya produk lokal yang memiliki daya saing tersebut akan memicu pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Untuk itu setiap OPD diharapkan menciptakan kebijakan dan strategi yang mendukung SIDa ini,” pungkas Rida Ananda.

Sementara itu narasumber Uyung Gatot S. Dinata dalam penjabarannya tentang korelasi SIDa kota Payakumbuh dengan visi misi kepala daerah mengajak OPD serius mewujudkannya.

Uyung mengatakan bahwa dengan penerapan SIDa ini Payakumbuh memiliki peluang untuk mengakselerasi dan bisa lebih cepat mewujudkannya karena sistem ini lebih efisien, sistemik dan sistematis

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: diskominfopyk@gmail.com