Sambutan Walikota Payakumbuh | Payakumbuh Kota
riza

Riza Falepi, ST, MT

Walikota Payakumbuh

Sambutan Walikota Payakumbuh

Assalammualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, sekarang Kota Payakumbuh terus melangkah dan mengembangkan sayapnya dalam pembangunan Kota dan pelayanan kepada masyarakat. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan media elektronika atau yang lebih populer disebut kemajuan dunia maya, Kota Payakumbuh tak ketinggalan untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk kebutuhan informasi yang cepat, baik tentang pembangunan, pemerintahan, ekonomi serta sosial budaya.

Berkembangnya Teknologi Informasi telah menyentuh sendi-sendi manajemen Pemerintahan. Teknlogi Informasi telah melahirkan konsep aplikasi pemerintahan digital atau yang lebih populer disebut sebagai e-Government.

Kebijakan yang ditempuh seiring pula untuk mengantisipasi pesatnya kemajuan Teknologi Informasi (TI) yang saat ini dikenal dengan Telematika, merupakan konvergensi dari Telekomunikasi. Media dan Informatika dapat meningkatkan kualitas komunikasi dan informasi dalam penyediaan informasi yang mudah dan cepat bagi masyarakat. Kenyataan ini ditindaklanjutu dengan Keberadaan situs Resmi Pemerintah Kota Payakumbuh.(www.payakumbuhkota.go.id).

Salah satu strategi Payakumbuh didalam melaksanakan pengembangan e-Government secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur, keberadaan situs ini merupakan fase awal dalam pengembangan e-Government di Kota Payakumbuh dengan sasaran agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses informasi dan layanan pemerintah Kota Payakumbuh, serta ikut berpartisipasi di dalam pengembangan demokrasi di Indonesia dengan menggunakan media Internet.

Inpres No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Goverment telah menjabarkan tahapan-tahapan dengan jelas di bagian Strategi Pengembangan E-Goverment yaitu di butir 18 yang mendeskripsikan strategi keenam , Yaitu secara sistematik, realistik dan terukur.

Situs Web Pemerintah Daerah Propinsi dan Daerah Otonom Kabupaten dan Kota dapat dikatakan sebagai perubahan bentuk penggunaan media komunikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi (Information Communication Technology – ICT) untuk memperoleh informasi secara mudah, benar, adil dan luas cakupannya. Disamping itu juga berfungsi sebagai media dalam usaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, selain keberadaannya juga sebagai promosi daerah kepada pihak luar dalam rangka menumbuhkan minat investasi di Daerah, apalagi dihadapkan dengan nafas otonomi daerah dewasa ini.

Oleh karena itu saya sangat mendukung sekaligus berterimakasih kepada Sekretariat Daerah, khususnya bagian Humas dan Pihak-pihak yang telah mencurahkan segenap fikiran dan tenaganya dalam pembangunan www.payakumbuhkota.go.id kita ini. Semoga kita semua dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin sekaligus membawa angin segar dalam pembangunan Kota Payakumbuh kedepannya.

Wabillahi Taufik Walhidayah,

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id