Geografis | Payakumbuh Kota

Geografis

Posisi Geografis

Secara Geografis Kota Payakumbuh terletak pada posisi 00o – 10° sampai dengan 0o – 17’ LS dan 100° – 35’ sampai dengan 100° – 48’ BT. Tercatat memiliki luas wilayah + 80,43 Km2 atau setara dengan 0,19 persen dari luas propinsi Sumatera Barat dan berbatasan langsung dengan lima kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Keadaan topografi Kota Payakumbuh bervariasi antara daratan dan berbukit dengan ketinggian 514 meter diatas permukaan laut. Suhu udara rata-rata 26o Celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 45 persen sampai 50 persen.

Bila dilihat dari segi penggunaan tanah 34,45 persen tanah di Kota Payakumbuh merupakan tanah sawah, dan sisanya 63,3 persen berupa tanah kering. Tanah kering ini sebagian besar dimanfaatkan untuk bangunan sebesar 32,59 persen dan untuk usaha pertanian sebesar 32,42 persen, serta sisanya berupa tanah untuk hutan negara, semak belukar, dan lain-lain.

Letak kota Payakumbuh sangat strategis bila dilihat dari segi lalu lintas angkutan darat Sumbar-Riau. Kota Payakumbuh meruakan pintu gerbang masuk dari arah Pekan Baru menuju kota-kota penting di Propinsi Sumatera Barat. Berbagai jenis angkutan penumpang dan barang sangat ramai melewati kota ini pada waktu siang maupun pada malam hari.

Jarak kota Payakumbuh ke kota Pekan Baru 188 km dan dapat ditempuh selama + 4,5 jam perjalanan dengan angkutan pribadi, sedangkan jarak ke kota padang ejauh 124 km, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi selama + 2,5 jam perjalanan.

Batas Daerah

Sebelah Utara         : Dengan Kecamatan Harau dan Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima puluh Kota.

Sebelah Selatan      : Dengan Kecamatan Luhak dan Kecamatan Situjuh Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota

Sebelah Barat          : Dengan Kecamatan Payakumbuh dan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota

Sebelah Timur        : Dengan Kecamatan Luhak dan Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Hak Cipta Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh © 2012. All rights reserved | email: humas@payakumbuhkota.go.id